FAMILY BLOG : Last trip on March 2013: Singapore....Legoland.....Phuket....Apa yang menarik di Phuket?......Hemmm...Pernah dengar JAMES BOND ISLAND? atau PHI-PHI ISLAND ?...!....

Jumat, 02 September 2011

Naik bus di Singapore

Selama ini, jika saya bepergian di Singapore selalu memakai MRT. Tapi, kali ini saya mendapatkan pengalaman baru dengan lebih banyak naik bus. Kebetulan, saya ada saudara yang tinggal di Singapore. Mereka mengajarkan naik bus supaya lebih IRIT.
Perbandingannya, saya dari Orchard Road ke Bukit Batok, jika pakai MRT harus bayar 4 Sin tapi jika dengan bus hanya 1 Sin. Lumayankan, bisa mengirit 3 Sin per-orang? untuk sekali jalan.



Dibandingkan dengan kondisi bus di Indonesia tentu sangat jauh berbeda. Di Singapore ini, busnya sangat nyaman walupun penuh, tapi benar-benar sangat memanjakan penumpang. Untuk kursinyapun termasuk mewah bahkan ada kursu khusus untuk LANSIA ataupun ORANG CACAT. Sehingga ketika bangku tersebut kosong maka kitaboleh memakainya. Tapi, jika di suatu tempat ada LANSIA masuk bus maka penumpang yang menduduki kursi tersebut akan berdiri dan mempersilahkan lansia tersebut untuk duduk.


Terminal busnya jga sangat bersih, teratur. Jika belum waktunya berangkat maka para penumpang akan antri di jalur antrian bus sehingga tidak perlu berdesakan.


Untuk naik bus ini, kita harus beli kartu yang bisa dipakai untuk terusan antara bus dengan MRT. Jika kita tidak punya kartu, bisa membayar dengan uang CASH. Disarankan untuk membayar dengan uang PAS karena  biasanya sopir tidak mau melayani pengembalian uang. Jadi jika kita membayar leih itu dianggap resikonya.

Tidak ada komentar: